6 Kecamatan Jadi Tempat Penelitaian Pengelolaan Sampah BRIDA Kukar

Divisi.id – Badan Riset dan Inovasi Daerah Kutai Kartanegara (BRIDA Kukar) merilis pencapaian terbaru dalam penelitian mereka yang difokuskan pada pengelolaan sampah di wilayah Kutai Kartanegara. Penelitian ini melibatkan enam kecamatan yang menjadi prioritas BRIDA Kukar, dengan Karno, Kepala Bidang Ekonomi dan Pembangunan Daerah, memberikan pernyataan tentang perkembangan penelitian ini.

“Sesudah melalui tahap awal berupa seminar pendahuluan, kami sekarang telah memasuki fase penelitian lapangan yang lebih intensif,” kata Karno dalam wawancara pada Sabtu (7/10/2023).

BRIDA Kukar juga melibatkan berbagai pihak dalam seminar pendahuluan ini, membahas berbagai aspek penting seperti pengenalan penelitian, metodologi, dan rumusan masalah. Seminar pendahuluan ini juga mengundang tanggapan dari para ahli terkait, termasuk perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kukar, serta akademisi dari Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.

“Kami berusaha untuk mendapatkan masukan yang beragam sebelum melanjutkan penelitian di lapangan,” tambahnya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi penting tentang pengelolaan sampah di enam kecamatan di Kutai Kartanegara, termasuk Kecamatan Sanga-sanga, Muara Jawa, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong, dan Muara Badak.

BRIDA Kukar telah menjalin kemitraan dengan Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta untuk memastikan kelancaran survei ini.

“Kami memilih universitas ini karena mereka memiliki pengalaman yang relevan dalam penelitian pengelolaan sampah di Yogyakarta,” pungkasnya.

Dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga mengenai pengelolaan sampah di Kutai Kartanegara dan berpotensi meningkatkan praktik pengelolaan sampah di wilayah tersebut. BRIDA Kukar tetap berkomitmen untuk bekerja sama dengan para pemangku kepentingan demi mencapai tujuan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *