6 Masalah Petani di Kukar yang Dapat Diselesaikan oleh TNI Melalui Karya Bhakti dan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023

Diskominfo Kukar220 Dilihat

TENGGARONG – Dalam rangka memperingati HUT ke-78 TNI, Kodim 0906/Kukar menggelar Karya Bhakti dan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 di Kelurahan Bukit Biru Kecamatan Tenggarong, Rabu (1/11/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kukar Dr. H. Sunggono dan Kasdam VI/Mlw Brigjen TNI Susilo.

Dalam sambutannya, Sunggono yang mewakili Bupati Kukar Edi Damansyah menyampaikan apresiasi kepada TNI yang telah memberikan bantuan dan dukungan kepada petani di Kukar. Menurutnya, ada 6 masalah utama yang dihadapi oleh petani, yaitu pengairan, jalan usaha tani, alat dan mesin pertanian, pemasaran, regenerasi petani, dan akses mendapatkan solar.

“Melalui kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) maupun Karya Bhakti, TNI telah memberikan kontribusi yang sangat nyata serta berdampak besar yang dapat dirasakan oleh petani di beberapa wilayah pertanian di Kukar,” ujar Sunggono.

Ia menambahkan, wilayah kegiatan TMMD dan Karya Bhakti TNI meliputi 5 kecamatan yang merupakan sentra pertanian: Tenggarong Seberang, Sebulu, Muara Kaman, Tenggarong, dan Loa Kulu. Pembangunan dan perbaikan sarana prasarana di wilayah tersebut, seperti jalan usaha tani, sistem irigasi, jembatan, dan gorong-gorong, telah meningkatkan akses dan produktivitas petani.

“Kami berharap kerjasama antara TNI dan Pemkab Kukar dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat, khususnya petani di Kukar,” tutur Sunggono.

Acara penutupan Karya Bhakti dan Gerakan Nasional Ketahanan Pangan 2023 ditandai dengan penyerahan kunci traktor dan beras secara simbolis kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bukit Biru oleh Kasdam VI/Mlw dan Sekda Kukar. Selain itu, juga dilakukan penanaman padi secara serentak oleh para petani dan pejabat yang hadir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *