8 Tempat Wisata di Kukar Siap Ditingkatkan, Ini Alasannya

Divisi.id – Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai keindahan dan keunikan. Namun, tempat wisata tersebut masih memerlukan peningkatan agar lebih optimal dan sesuai dengan standar pariwisata.

Untuk itu, Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar berencana untuk melakukan peningkatan pada 8 tempat wisata yang ada di daerah ini. Peningkatan ini diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan pariwisata di Kukar.

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadirahardjo, mengatakan hal ini pada Kamis (2/11/2023). Ia mengatakan bahwa peningkatan tempat wisata ini merupakan salah satu tugas yang telah ditetapkan oleh dinasnya.

“Kami telah mendapat mandat untuk mengembangkan objek wisata di Kukar. Kami akan melakukan peningkatan pada 8 tempat wisata yang ada di Kukar. Kami berharap dengan peningkatan ini, kita bisa meningkatkan PAD dari sektor pariwisata,” kata Slamet.

Tempat wisata yang akan ditingkatkan adalah Waduk Panji Sukarame, Planetarium, Pulau Kumala Tenggarong, Temanggungan, kolam wisata pemancingan, Tugu Equator, Pantai Tanah Merah, dan Pengempang. Slamet mengatakan bahwa tempat wisata tersebut memiliki potensi yang besar, tetapi masih perlu ditingkatkan kualitas dan kenyamanannya.

“Kami akan melakukan peningkatan kualitas di semua tempat wisata tersebut. Kami akan menambah fasilitas, memperbaiki infrastruktur, dan meningkatkan kebersihan. Kami juga akan menambah informasi dan edukasi di setiap tempat wisata. Kami ingin membuat tempat wisata di Kukar lebih optimal dan sesuai dengan standar pariwisata,” ujar Slamet.

Slamet juga menyampaikan bahwa peningkatan tempat wisata ini juga diharapkan dapat memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat di Kukar. Ia mengatakan bahwa dengan adanya peningkatan kualitas tempat wisata, maka akan ada peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke Kukar. Hal ini akan berdampak pada peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan penciptaan lapangan kerja di Kukar.

“Kami juga akan terus melakukan promosi tempat wisata di Kukar melalui berbagai media dan kerjasama dengan pihak-pihak terkait. Kami ingin meningkatkan jumlah wisatawan yang datang ke Kukar. Dengan begitu, kita bisa meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kukar,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *