160 x 600 AD PLACEMENT
160 x 600 AD PLACEMENT
Iklan

MTQ Nasional ke-30 Resmi Ditutup, Kaltim Juara Umum

Caption: Foto Bersama Kafilah Saat penutupan MTQN Ke-30
750 x 100 AD PLACEMENT

Divisi.id – Acara Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Nasional ke-30, yang berlangsung sejak 7 hingga 15 September 2024 di Kalimantan Timur (Kaltim), resmi berakhir dengan sukses.

Penutupan MTQ dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, dan Sekretaris Daerah Kaltim Sri Wahyuni.

Turut hadir Menko PMK Muhadjir Effendy, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, Ketua LPTQ Nasional Komaruddin Umar, serta perwakilan duta besar negara sahabat, gubernur, dan pimpinan Forkopimda dari seluruh Indonesia.

Acara penutupan dimulai dengan penampilan paduan suara yang membawakan lagu daerah khas Kaltim serta tarian tradisional Jepen.

Suasana semakin meriah dengan sorak-sorai para kafilah saat diumumkannya pemenang dari berbagai cabang lomba.

Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik,menyampaikan rasa syukur atas kelancaran pelaksanaan MTQ ke-30 ini, dan menekankan pentingnya syiar Al-Qur’an yang selalu dirindukan oleh masyarakat.

“Semoga MTQ kali ini menjadi momentum bagi kita semua untuk mendekatkan diri kepada Al-Qur’an,” ungkap Akmal di Samarinda, Minggu (15/09/2024).

Ia juga berharap bahwa MTQ ini bisa menjadi ajang refleksi dan dorongan untuk mencintai serta mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an.

Akmal turut menyampaikan rasa terima kasihnya atas partisipasi para kafilah dan semua pihak yang telah membantu kesuksesan acara ini.

Ia berharap hubungan persaudaraan dan silaturahmi yang terjalin selama MTQ bisa terus dipupuk dan bertahan selamanya.

“Masyarakat Kaltim selalu berharap dan berdoa, semoga jalinan silaturahmi yang sedang berlangsung akan terus kita pupuk bersama menjadi sebuah jalinan persaudaraan yang islami, serta persaudaraan berbangsa yang abadi,” ujarnya.

Menutup sambutannya, Akmal berharap para kafilah membawa pulang kenangan indah dari Kaltim dan mengajak mereka untuk kembali suatu saat nanti.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menyebutkan bahwa MTQ ke-30 ini adalah langkah penting dalam membangun karakter dan moral bangsa, khususnya generasi muda.

“Ini adalah upaya kita dalam menyiapkan, mendidik, dan membiasakan pemuda untuk mencintai Al-quran,” ucap Muhadjir Effendy.

Ia menegaskan kembali pesan Presiden Joko Widodo tentang pentingnya mencintai, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an, seperti keadilan, kejujuran, dan toleransi.

“Hakikatnya Al-Quran hadir diantara kita untuk mempersatukan,” tuturnya.

Di akhir acara, Muhadjir mengajak seluruh kafilah untuk melantunkan sholawat Maher Zain bersama.

Lebih lanjut, sebagai informasi berdasarkan hasil akhir perolehan poin, berikut adalah daftar pemenang:

1. Provinsi Kalimantan Timur (Juara Umum) – 579 poin

2. Provinsi DKI Jakarta – 478 poin

3. Provinsi Jawa Timur – 274 poin

4. Provinsi Jawa Barat – 146 poin

5. Provinsi Sumatera Selatan – 125 poin

6. Provinsi Riau – 98 poin

7. Provinsi Kalimantan Selatan – 94 poin

8. Provinsi Sumatera Utara – 84 poin

9. Provinsi Banten – 72 poin

10. Provinsi Kepulauan Riau – 67 poin

Keputusan tersebut telah ditetapkan oleh dewan hakim dan bersifat final atau tidak dapat di ganggu gugat.

750 x 100 AD PLACEMENT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga
930 x 180 AD PLACEMENT