Agiel Suwarno Dorong Perubahan Skema Kegiatan Banmus DPRD Kaltim

Divisi.id – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Agiel Suwarno, yang juga merupakan anggota Badan Musyawarah (Banmus) DPRD, mendorong perubahan skema kegiatan Banmus Kaltim. Ia menyarankan agar skema kegiatan tersebut mencontoh praktek legislatif Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta dengan selalu melibatkan unsur Pemerintah Provinsi pada setiap agenda rapat.

Agiel Suwarno mengungkapkan bahwa saat ini skema rapat Banmus DPRD Kaltim tidak melibatkan pemerintah, yang kadang-kadang berdampak pada ketidakhadiran kepala daerah pada rapat paripurna dengan alasan ada agenda pemerintahan lainnya.

“Pada beberapa waktu lalu, kami Banmus DPRD Kaltim melakukan kunjungan kerja ke DPRD DKI Jakarta untuk replikasi atau meniru hal-hal baik yang bisa diadopsi ke Kaltim, salah satunya mesti melibatkan unsur Pemerintah Provinsi dalam rapat Banmus,” ucap Agiel Suwarno pada Senin (13/11/2023).

Politikus PDIP ini menekankan bahwa jadwal atau agenda kedewanan harus bersesuaian dengan agenda Pemerintah Provinsi, sehingga terdapat sinkronisasi termasuk agenda prioritas.

“Selama ini kadang kita rapat dengan tim Pemprov tidak hadir sehingga kadang yang mestinya gubernur hadir menjadi tidak seperti pengesahan rancangan peraturan daerah (Raperda) RTRW kemarin bahkan gubernur tidak hadir,” ungkapnya.

Selain itu, dalam kunjungannya ke DKI Jakarta, Agiel Suwarno juga membahas anggaran mereka dalam sisi sosialisasi peraturan daerah (Sosper) dan hal-hal teknis lainnya. Dengan langkah ini, diharapkan Banmus DPRD Kaltim dapat meningkatkan efektivitas dan sinergi antara legislatif dan eksekutif di tingkat provinsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *