Akhir 2024, Semua Desa di Kukar Berlistrik Berkat Program Terang Kampongku

TENGGARONG – Program Terang Kampongku yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar akan selesai pada akhir tahun 2024. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan listrik dasar bagi seluruh desa di Kukar.

Kepala DPMD Kukar, Arianto, mengatakan bahwa program ini sudah memberikan manfaat bagi banyak desa di Kukar. Beberapa desa yang sudah menikmati listrik dasar adalah Desa Sebelimbingan, Dusun Pendamaran, Desa Teluk Muda, dan Desa Tanjung Batuq Harapan.

“Program Terang Kampongku ini sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar 2021-2026. Sampai Desember nanti semua desa sudah berlistrik. Tidak ada lagi desa yang gelap gulita,” ujar Arianto, Senin (23/10/2023).

Arianto menjelaskan bahwa ada dua metode yang digunakan untuk menyediakan listrik dasar bagi masyarakat. Pertama, bekerja sama dengan PLN untuk membangun jaringan listrik di wilayah yang masih memungkinkan. Kedua, mendirikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal di wilayah yang tidak memungkinkan dibangun jaringan listrik.

Arianto juga menyebutkan bahwa PLN sedang berupaya untuk menyelesaikan pembangunan jaringan listrik di beberapa desa lainnya. Salah satunya adalah Desa Lamin Pulut dan Lamin Telihan di Kecamatan Kenohan.

“PLN sudah berjanji akan mulai kerja di dua desa itu pada Februari 2024. Ini sudah menjadi program prioritas mereka,” tutup Arianto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *