Andi Harahap laksanakan Sosbang ke 8

Kecamatan Penajam, PPU

Advertorial223 Dilihat

Divisi.id- Kembali, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), H. Andi Harahap, S.Sos menggelar sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) ke-8 di daerah pemilihan (Dapil) nya. Kali ini dirinya bertandang di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Rabu, (29/11/2023).

Lagi-lagi, Andi Harahap menghadirkan Kepala Kesbangpol PPU Agus Dachlan, S.Pd sebagai narasumber kegiatan Sosbang ke 8 nya. Kegiatan itupun dimoderatori oleh Andi Arianto S.Sos dan dimeriahkan oleh warga setempat hingga berjalan lancar.

Dalam sambutannya, Andi Harahap mengatakan bahwasanya Sosbang merupakan program negara sebagai upaya untuk terus menjaga keberlangsungan bangsa Indonesia.

Dengan bertemu langsung dengan masyarakat, pihaknya dapat menjelaskannya secara langsung dan lebih mendalam terkait pemahaman kebangsaan.

“Apalagi disituasi hari ini ada banyak sekali tantangan yang dapat berpotensi memecah belah masyarakat Indonesia. Olehnya itu diperlukan sebuah pemahaman yang mendalam tentang wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Dia pun menjelaskan bahwa Sosbang sendiri termaktub dalam empat konsensus kebangsaan yakni Pancasila adalah ideologi dan dasar negara. UUD 1945 adalah konstitusi negara. NKRI sebagai bentuk negara. Dan Bhinneka Tunggal Ika adalah semboyan negara.

“Jikalau masyarakat memahami dan mendalami materi ini, dirinya yakin upaya rongrongan dan memecah belah NKRI tidak akan pernah terjadi,” tegasnya.

“Empat konsensus inilah yang mesti kita jalankan benar benar dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari,” lanjutnya.

Untuk itu, Dirinya berharap melalui Sosbang ini masyarakat dapat meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara dan selalu mengingat menjadi garda terdepan untuk membela NKRI.

“Kemerdekaan ini tidak mudah didapatkan, oleh karena itu harus kita harus jaga dengan setulus hati,” harapnya.

Tak lupa, untuk memotivasi masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut, Dirinya menceritakan bagaimana para pendahulu telah mengorbankan keringat, air mata bahkan nyawa untuk berdirinya negara bernama Indonesia. Pun, dirinya berpesan kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan rasa kebersamaan, rasa gotong royong dari lapisan masyarakat paling bawah.

“Inilah yang akan menjadi kekuatan dalam menjaga NKRI, Harus terus tenggang rasa dan membantu secara bersama,” tutupnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *