Bagus Susetyo Dorong Percepatan Pembangunan Bendungan Gerak Sungai Talake

Divisi.id – Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Bagus Susetyo dari Fraksi Partai Gerindra, mendorong percepatan pembangunan Bendungan Gerak Sungai Talake di perbatasan Kecamatan Babulu. Menurutnya, bendungan ini memiliki dampak besar terhadap peningkatan hasil panen petani di wilayah tersebut.

“Bendung gerak Sungai Talake berpengaruh besar pada peningkatan hasil panen petani di Kecamatan Babulu, sebab selama ini pengairan sawah petani menggunakan sistem tadah hujan,” kata Bagus Susetyo.

Meskipun proyek ini telah direncanakan sebagai salah satu proyek strategis nasional, Bagus Susetyo mendorong agar pembangunan bendungan ini dipercepat. Ia mengusulkan alokasi anggaran sebesar Rp2 triliun dari Pemerintah Provinsi Kaltim untuk merealisasikan proyek tersebut.

“Kami mengusulkan agar bendung gerak Sungai Talake bisa dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dengan anggaran Rp2 triliun,” ungkapnya.

Dengan pembangunan bendungan ini, luas lahan sawah di Kecamatan Babulu dan sekitarnya dapat diperluas hingga mencapai 74,307 hektare, memberikan peluang bagi pembukaan sawah baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Paser sebesar 4,000 hektare.

“Bendung gerak Sungai Talake merupakan upaya strategis agar Kaltim bisa meningkatkan produksi gabah,” tambahnya.

Proyek ini diharapkan dapat mengatasi masalah banjir, mengendalikan sedimentasi, dan meningkatkan kualitas air sungai. Selain manfaat pertanian, bendungan gerak Sungai Talake juga dapat difungsikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kapasitas 1,5 megawatt.

Bagus Susetyo berharap adanya dukungan penuh dari pemerintah pusat untuk merealisasikan pembangunan bendungan ini. Ia menekankan bahwa pembangunan ini tidak boleh hanya menjadi wacana, melainkan harus diwujudkan dengan realisasi yang nyata.

“Kami tidak ingin bendung gerak Sungai Talake hanya menjadi wacana tanpa realisasi,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *