Balikpapan dan Samarinda Potensi Jadi Target Hunian Sementara ASN Luar Daerah

Divisi.id – Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Bagus Susetyo menyebutkan bakal ada potensi besar di Kota Samarinda dan Kota Balikpapan berkaitan dengan rumah hunian yang menjadi sasaran untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya.

Bagus menjelaskan ketika kawasan perumahan berada di kawasan terdekat IKN sejauh ini kondisinya masih belum didukung oleh sarana dan prasarana pendukung lainnya.

Seperti penyediaan air bersih yang belum mencapai jangkauan, sarana infrastruktur jalan yang belum memadai. Sehingga hal itu yang membuat kurangnya minat pengembang perumahan untuk menyediakan unit tempat tinggal di kawasan tersebut.

“Maka dari itu sarana pendukung ini kita harus dorong juga kepada Pemprov (Pemerintah Provinsi) Kaltim,” singkatnya.

Ia memaparkan untuk di kawasan Penajam Paser Utara masih dianggap belum siap untuk penyediaan fasilitas tempat tinggal. “Kita tidak bisa pungkiri untuk potensi penduduk berpindah itu besar dan yang akan menjadi target utama mereka yaitu tempat tinggal,” sambungnya.

Berkenaan dengan pemenuhan sarana pendukung, pihaknya juga menegaskan untuk pengembang perumahan dapat beroperasi di dalam wilayah IKN karena seluruh wilayahnya dikuasai oleh negara.

“Setidaknya sarana pendukung itu juga dapat didukung oleh pemerintah yang bertujuan untuk kepentingan umum,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *