Bappeda Kukar Lakukan Pemantauan Pembangunan PLTS Program Terang Kampungku

TENGAGRONG – Bappeda Kutai Kartanegara (Kukar) terus melakukan pemantauan pembangunan yang sedang berlangsung di tahun 2023. Salah satu program yang menjadi sorotan adalah program Terang Kampungku yang dikelola oleh DPMD Kukar.

Program Terang Kampungku adalah program yang bertujuan untuk memberikan penerangan listrik berbasis tenaga surya kepada masyarakat pedesaan di Kukar. Program ini merupakan salah satu program yang termasuk dalam Dedikasi Kukar Idaman yang digagas oleh Bupati Kukar.

Untuk melakukan pemantauan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang merupakan bagian dari program Terang Kampungku, Plt Kepala Bappeda Kukar, Syarifah Vanesa Vilna, mengunjungi beberapa desa di Kecamatan Muara Kaman. Salah satu lokasi yang dikunjungi adalah Desa Kupang Baru dan Dusun Nangka Bonah.

“Di Desa Kupang Baru, PLTS sudah selesai dibangun dan sedang dalam tahap uji coba. Di Dusun Nangka Bonah, PLTS masih dalam proses pembangunan,” ucap Vanesa saat dikonfirmasi, Selasa (24/10/2023).

Vanesa menyebutkan bahwa ada beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan program Terang Kampungku, seperti ketersediaan lahan, akses jalan, dan koordinasi dengan pihak terkait. Kendala-kendala tersebut akan dievaluasi oleh pihak pelaksana sebelum menyerahkan hasilnya kepada Pemkab Kukar.

Vanesa mengharapkan bahwa program Terang Kampungku dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat di daerah tersebut. Ia juga melaporkan progres pembangunan PLTS di dua lokasi tersebut kepada Bupati Kukar.

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa program-program pembangunan seperti Terang Kampungku dapat berjalan sesuai rencana dan target. Kami juga berharap bahwa program ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan di Kukar,” tutur Vanesa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *