Bupati Kukar: Pertanian Modern Bisa Jadi Peluang Usaha bagi Pemuda

Divisi.id – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengatakan bahwa pertanian modern bisa menjadi peluang usaha bagi para pemuda di kabupaten ini. Dia mengajak para pemuda untuk memanfaatkan teknologi modern untuk mengembangkan sektor pertanian yang sudah tidak lagi menjadi pekerjaan yang susah dan kotor, tetapi menjadi pekerjaan yang modern dan menghasilkan.

“Hari ini pertanian itu juga berbasis kepada teknologi dan manajemen,” tutur Edi saat dikonfirmasi pada Rabu (1/11/2023).

Edi memberikan contoh, ada kelompok tani milenial di Kecamatan Samboja yang sukses mengelola lahan pertanian dengan menggunakan teknologi modern seperti drone, aplikasi, dan sistem irigasi modern. Kelompok ini bernama Joglo Kolong Langit dan terdiri dari 120 pemuda yang memiliki berbagai latar belakang.

“Mereka itu bisa menghasilkan 20 sampai 30 juta perbulan. Bahkan mereka sudah masuk top 45 nasional kelompok tani milenial,” cerita Edi.

Edi juga menginformasikan, sektor pertanian di Kukar memiliki potensi yang besar karena kabupaten ini termasuk dalam wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) yang baru. Hal ini akan membuat permintaan akan produk pertanian di Kukar akan semakin banyak seiring dengan bertambahnya penduduk.

“Nah anak muda harus mulai ambil bagian disitu,” himbau Edi.

Edi menyarankan, para pemuda di Kukar harus merubah pola pikir mereka. Dia mengatakan, pemuda saat ini harus berpikir untuk menjadi pengusaha, bukan hanya pegawai.

“Saya sampaikan kepada pemuda di Kukar, jangan ada pikiran untuk menjadi honor tapi harus jadi wirausaha,” kata Edi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *