Deputi Otorita IKN dari Kaltim Hanya Satu, DPRD Desak Pemerintah Pusat Pertimbangkan Lebih Banyak Lagi

Divisi.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) mendorong Pemerintah Pusat untuk menempatkan lebih banyak putra daerah dalam Badan Otorita Indonesia Kawasan Ekonomi Khusus (IKN).

Saat ini, Myrna Asnawati Safitri, putri Kaltim, telah dipilih sebagai Deputi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN.

Ketua DPRD Kaltim, Hasanuddin Masud, mengungkapkan keinginan untuk memiliki minimal dua putra lokal yang duduk di Badan Otorita IKN sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 62 Pasal 14 ayat 4 Tahun 2022 tentang Otorita IKN.

Hasan Masud menyoroti pentingnya keterlibatan lebih banyak tokoh lokal dalam Otorita IKN untuk mengawal nasib dan masa depan Kaltim.

“Melalui Keppres 123/TPA Tahun 2022, hanya satu putri unsur masyarakat Kaltim yakni Myrna Asnawati Safitri. Itu juga masih belum pasti domisilinya,” ungkap Hasan Masud.

Ia juga mempertanyakan apakah seorang Deputi Otorita IKN harus berstatus ASN (Aparatur Sipil Negara) atau bisa menjadi tokoh masyarakat yang sangat familiar dengan Kaltim.

Hasanuddin Masud menyatakan bahwa hingga saat ini pemerintah pusat belum pernah membahas rencana penunjukan Deputi Otorita IKN dengan DPRD Kaltim.

Ia berharap Presiden Jokowi mendengarkan keluhan masyarakat Kaltim dan segera membuat keputusan yang adil terkait penempatan tokoh lokal di Badan Otorita IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *