Desa Jembayan Siap Dukung Rencana Pemkab Kukar Jadi Lumbung Pangan IKN

Diskominfo Kukar167 Dilihat

Divisi.id – Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kuku, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), siap mendukung rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN). Desa ini terus berusaha untuk mengembangkan sektor pertanian dengan bantuan dari Pemkab Kukar.

Pemkab Kukar memberikan berbagai sarana dan prasarana (sapras) pertanian kepada para petani di Desa Jembayan. Sapras pertanian ini antara lain berupa bibit, pupuk, alat dan mesin pertanian (alsintan), dan lain-lain. Dengan adanya sapras ini, diharapkan para petani bisa mengelola lahan pertanian mereka dengan lebih baik dan meningkatkan hasil panen mereka.

“Kami sangat terbantu dengan bantuan ini. Bantuan ini membuat kami bisa menanam padi, cabai, sayur mayur, dan buah-buahan dengan lebih optimal,” ujar Sekretaris Desa Jembayan, Jamli, saat dihubungi via telepon, Selasa (24/10/2023).

Jamli menjelaskan bahwa Desa Jembayan memiliki lahan pertanian seluas 300 hektar yang terbagi menjadi sawah dan kebun sayur. Lahan ini dikelola oleh sekitar 500 kepala keluarga yang mayoritas adalah petani.

Selain mendapat bantuan sapras dari Pemkab Kukar, para petani di Desa Jembayan juga mendapat bimbingan dari Pemerintah Desa (Pemdes) setempat. Pemdes bekerja sama dengan Balai Penyuluhan Pertanian di Kecamatan Loa Kuku untuk memberikan pelatihan peningkatan keterampilan bagi para petani.

“Kami sering mengadakan pelatihan tanam cabai, padi, dan sayur mayur sesuai dengan kebutuhan petani. Kami memfasilitasi pelatihan ini dengan menggunakan anggaran desa,” tutur Jamli.

Jamli berharap bahwa dengan adanya bantuan dan bimbingan ini, para petani di Desa Jembayan bisa berkontribusi dalam menjadikan Kukar sebagai lumbung pangan di Kaltim dan IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *