Desa Loa Duri Ilir: Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Ekonomi Lokal melalui Peternakan Ayam Petelur

Divisi.id – Melalui pengembangan peternakan ayam petelur sebagai langkah strategis untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi lokal Desa Loa Duri Ilir Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Inisiatif ini diprakarsai oleh Kepala Desa Fahri Arsyad, yang menjalin kerjasama dengan CV Kandang Kita Farm, dengan tujuan tidak hanya meningkatkan produksi telur tetapi juga memperkuat ekonomi komunitas.

Dalam kerjasama ini, CV Kandang Kita Farm bertanggung jawab mendidik peternak desa dan membeli hasil panen, sementara desa berkontribusi pada pengembangan pakan lokal.

“Kami memiliki kandang yang mampu menampung 900 ayam, menghasilkan sekitar 60 butir telur setiap hari,” ujar Arsyad.

Inisiatif ini diharapkan mendorong desa-desa lain untuk mengikuti jejak Loa Duri Ilir dalam memajukan ketahanan pangan dan ekonomi lokal.

“Kami akan mendorong penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) untuk ikut serta dalam inisiatif ini, sebagai upaya kami dalam mengurangi kemiskinan,” jelas Arsyad.

Telur yang tidak terjual akan dimanfaatkan oleh keluarga peternak untuk meningkatkan asupan gizi, menunjukkan bahwa inisiatif ini tidak hanya tentang aspek ekonomi tetapi juga tentang peningkatan kesehatan masyarakat.

Dengan potensi yang dimilikinya, Desa Loa Duri Ilir di jalur yang tepat untuk menjadi contoh dalam pengembangan pertanian lokal yang berkelanjutan, menciptakan manfaat yang meluas bagi komunitas. Inisiatif ini adalah bukti sinergi antara pemerintah desa, sektor swasta, dan masyarakat dalam mencapai kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *