Dinkes Kaltim Tekankan Pentingnya Gaya Hidup Sehat bagi ASN

Divisi.id – Kesehatan para pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi perhatian utama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim). Menurut survei yang dilakukan dalam lingkungan ASN, sebanyak 92 persen dari mereka termasuk dalam kategori “non fit” mengindikasikan tingkat kebugaran yang kurang memadai.

Kepala Dinkes Kaltim, Jaya Mualimin menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam acara Peringatan Hari Stroke Sedunia yang diadakan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (25/10/2023).

“Ini menjadi masalah besar, karena ketika tubuh tidak fit, artinya imun kita tidak kuat dan pasti penyakit itu mudah menyerang,” ujarnya.

Dinkes Kaltim mendorong pegawai ASN untuk mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk program senam pagi setiap minggu.

“Maka dari itu kami pihak Dinkes menganjurkan gaya hidup sehat seminimalnya melakukan program senam pagi setiap pekan. Alhamdulillah kami sudah melakukannya dan berdampak positif,” tambahnya.

Jaya menjelaskan bahwa langkah-langkah tersebut telah diterapkan, dan dampaknya telah dirasakan positif oleh para ASN.

Ia juga mengajak seluruh ASN untuk membangun budaya olahraga dan mengutamakan hidup sehat supaya terhindar dari penyakit yang memiliki tingkat risiko kematian tinggi seperti stroke, diabetes, dan penyakit jantung.

Dinkes Kaltim berencana meluncurkan program-program kesehatan pada bulan November yang akan bersamaan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada tanggal 12 November.

“Dinkes akan mengadakan program yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat pada HKN nanti, untuk mendorong gaya hidup sehat masyarakat, dengan mengadakan senam, jalan sehat, dan beberapa kegiatan lain,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *