Disdikbud Kaltim Berusaha Keras Meningkatkan Kualitas Guru Melalui Pelatihan Asesor Kompetensi

Divisi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur (Kaltim) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru di wilayahnya. Salah satu upayanya adalah melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), yang secara rutin menggelar pelatihan bagi para guru.

Dalam upayanya meningkatkan kompetensi guru, Bidang GTK Disdikbud Kaltim telah aktif melaksanakan berbagai kegiatan yang mendukung para pendidik. Salah satu upaya terbaru adalah pelatihan calon asesor kompetensi untuk lembaga sertifikasi profesi (LSP) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kaltim.

Kepala Disdikbud Kaltim, Muhammad Kurniawan, menjelaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk mempercepat proses sertifikasi kompetensi bagi lulusan SMK. Dalam hal ini, para guru memiliki peran penting.

“Termasuk mempercepat lisensi bagi SMK, sebagai LSP pihak pertama,” ungkap Kurniawan.

Pelatihan calon asesor baru-baru ini melibatkan 96 orang peserta, termasuk 20 guru produktif LSP terlisensi, 5 calon LSP, dan 71 jejaring SMK LSP. Selain itu, ada penguji dan narasumber yang berasal dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebanyak 8 orang.

Kurniawan menjelaskan bahwa asesor memiliki peran kunci dalam memberikan rekomendasi dan menentukan apakah individu yang dinilai telah mencapai kompetensi yang dibutuhkan untuk unit standar kompetensi yang dinilai.

“Para asesor tidak hanya menilai, tetapi juga membimbing peserta uji untuk memastikan bahwa mereka mampu memenuhi persyaratan pada satu atau kelompok unit kompetensi tertentu,” lanjutnya.

Kurniawan berharap bahwa pelatihan ini akan menghasilkan lebih banyak guru produktif yang dapat menunjukkan potensi dan kompetensi mereka dalam mengikuti kegiatan serupa hingga menyelesaikannya. Lebih dari itu, para guru diharapkan memiliki visi yang kuat dalam upaya untuk memajukan pendidikan di Kalimantan Timur.

“Semoga para guru dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, dan yang terpenting adalah memiliki visi yang kuat untuk memajukan pendidikan di Kalimantan Timur,” tambahnya.

Upaya Disdikbud Kaltim ini menegaskan komitmen mereka untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah ini melalui penguatan kompetensi guru dan pemberian peluang bagi para pendidik untuk berkembang dalam lingkungan pendidikan yang lebih baik.

adv/Disdikbud Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *