Disdikbud Kaltim Sediakan Beasiswa Untuk Guru SLB Dan Tenaga Ahli Menyambut IKN

Divisi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim berencana menyediakan beasiswa untuk guru yang mengajar di Sekolah Luar Biasa (SLB) dengan tujuan meningkatkan kapasitas mereka dalam mendidik anak berkebutuhan khusus (ABK).

Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Armin, mengungkapkan bahwa beasiswa ini akan membantu menggali potensi para guru SLB dan meningkatkan kompetensinya.

“Rencananya pada tahun depan kami akan persiapkan beasiswa Kaltim Tuntas, yang nantinya bekerja sama dengan calon guru SLB,” ungkap Armin.

Selain itu, Disdikbud Kaltim juga berkomitmen untuk menyiapkan tenaga ahli di bidang pendidikan sebagai persiapan menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Armin menegaskan pentingnya memiliki guru dengan daya saing tinggi di Kaltim, dan pihaknya berencana untuk mempersiapkan tenaga ahli melalui seleksi yang ketat.

“Proses seleksinya pun diperkirakan akan sangat ketat. Untuk tenaga pengajar pastinya harus memiliki TOEFL di atas 500, apalagi nantinya IKN akan menjadi Global City pada 20 tahun mendatang,” tambahnya.

Armin juga mendorong agar Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim terus meningkatkan kualitasnya dengan memanfaatkan fasilitas pendidikan yang telah disediakan oleh Pemerintah Provinsi Kaltim. Hal ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan SDM lokal tanpa perlu mencari tenaga dari luar daerah.

“Jika otorita IKN membutuhkan SDM, tidak repot lagi mencari di luar daerah karena Kaltim sudah menyiapkan, mereka juga sudah siap secara akademik maupun potensi lain,” lanjutnya.

Selain itu, Armin meminta agar Pemprov Kaltim dapat menyiapkan desain pendidikan yang berbeda dengan kurikulum nasional, khususnya yang berkaitan dengan IKN sebagai kota global.

adv/Disdikbud Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *