Diskominfo Kukar Targetkan Semua Desa Terhubung Internet pada 2024

Diskominfo Kukar253 Dilihat

TENGGARONG – Pada tahun 2023, tidak ada lagi desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang kekurangan jaringan internet. Hal ini berkat kerjasama antara pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Kementerian Kominfo RI, dan operator seluler.

Menurut Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, sebelumnya ada 18 desa yang masih mengalami blankspot internet, khususnya di wilayah Kecamatan Tabang yang terletak di hulu Sungai Mahakam. Namun, setelah melakukan berbagai upaya, kini semua desa tersebut sudah terhubung dengan internet.

“Alhamdulillah Kukar sudah bebas blankspot,” kata Dafip, Rabu (8/11/2023).

Dafip mengungkapkan bahwa operator yang bertanggung jawab atas jaringan internet di Tabang adalah Telkomsel. “Kami mengajak operator untuk mengembangkan bisnisnya di sana,” ujarnya.

Selain itu, Diskominfo Kukar juga telah mengalokasikan dana sebesar Rp4,9 miliar melalui APBD 2022 untuk membangun tower 4G di delapan desa. Sisanya, 10 desa lainnya ditangani oleh Kemkominfo.

Dafip menekankan bahwa keberadaan jaringan internet di semua desa sangat penting untuk mendukung program digitalisasi pemerintah desa. Salah satunya adalah Sistem Informasi Keuangan Desa (Siskudes) yang harus online pada tahun depan.

“Siskudes harus online semua. Jadi, internet memadai harus disediakan,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *