Dispora Kaltim Gagas Pembentukan Akademi Olahraga Untuk Meningkatkan Prestasi Atlet

Divisi.id – Dalam rangka meningkatkan prestasi di bidang olahraga, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Kaltim) mengambil langkah strategis dengan merencanakan pembentukan akademi olahraga.

Konsep ini muncul setelah Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma, terinspirasi oleh keberhasilan Jawa Barat (Jabar) dalam Pekan Olahraga Nasional (PON).

Agus Hari Kesuma menyatakan bahwa Kaltim memiliki sumber daya manusia yang berkualitas di bidang olahraga, dan pembentukan akademi olahraga dapat menjadi langkah penting.

“Jabar telah membuktikan keberhasilannya dalam olahraga, terutama melalui beragam akademi olahraga yang berkontribusi pada prestasi Jabar dalam PON,” ungkap Agus.

Saat ini, Dispora Kaltim telah fokus pada pengembangan pariwisata olahraga dan industri olahraga. Meskipun demikian, rekrutmen atlet-atlet potensial masih perlu dikoordinasikan secara lebih efisien.

“Kita dapat menciptakan sebuah akademi yang fokus pada industri olahraga dan pariwisata, karena sumber daya manusia yang berkualitas tersedia di Dispora Kaltim,” lanjutnya.

Agus Hari Kesuma berharap bahwa Dispora Kaltim dapat mencapai tingkat otonomi yang memungkinkan manajemen rekrutmen atlet yang lebih efisien. Ini akan membantu menciptakan basis atlet yang lebih kuat dan berpotensi di berbagai cabang olahraga.

Terlepas dari upaya Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma juga mengakui peran penting Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim. Dia mendorong DBON Kaltim untuk merencanakan dan melaksanakan akademi olahraga mereka sendiri.

Dalam hal fasilitas dan infrastruktur, Dispora Kaltim berkomitmen untuk berkoordinasi dengan DBON Kaltim untuk mengoptimalkan pemanfaatan fasilitas olahraga yang ada.

“Pengembangan industri olahraga dan pariwisata adalah langkah penting menuju prestasi olahraga yang lebih baik, dan kami berharap dapat bersinergi dengan semua pihak terkait untuk mencapai tujuan ini,” tegasnya.

Kerjasama antara Dispora Kaltim, DBON Kaltim, dan berbagai akademi olahraga diharapkan menjadi kunci keberhasilan dalam mengembangkan prestasi olahraga di Kalimantan Timur.