Dispora Kaltim Gelar Pelatihan Kecakapan Hidup Dan Liga Pemuda Di Kutai Timur

DIVISI.ID, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pemuda di Kabupaten Kutai Timur.

Dalam upaya tersebut, Dispora Kaltim menggelar rangkaian kegiatan, termasuk Pelatihan Kecakapan Hidup (Life Skill) dan Liga Pemuda di beberapa kecamatan.

Pelatihan Kecakapan Hidup dilaksanakan dalam dua tahap selama kurang lebih satu minggu setiap tahapnya. Tahap pertama, yang berlangsung pada 13-17 November 2023 di Kecamatan Long Mesangat, diikuti oleh 100 peserta dari 12 desa.

Tahap kedua akan digelar pada 19 – 25 November 2023 di Kecamatan Busang. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan bekal keterampilan hidup kepada pemuda desa agar dapat mandiri dan produktif secara ekonomi.

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, menyatakan, “Kegiatan ini bisa menjadi pilot project bagi pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota. Perpaduan kegiatan Liga Pemuda merupakan inisiatif dari tokoh pemuda setempat, melibatkan organisasi karang taruna, dan dilaksanakan bersamaan dengan pelatihan life skill.” Ungkapnya.

Selain pelatihan, Dispora Kaltim juga mendukung penyelenggaraan Liga Pemuda Etam yang terdiri dari cabang olahraga sepak bola dan bola voli.

Kegiatan ini melibatkan peserta dari 5 kecamatan di Kutai Timur dan berlangsung pada 5-17 November 2023.

“Kita berharap akan lahir Pemuda Wirausaha yang memiliki daya saing dan lahir atlet-atlet sepak bola dan bola voli dari desa yang berprestasi. Perlu upaya kerjasama dengan Bumdes, Karang Taruna, dan Pemerintah setempat,” tambahnya.

Melalui program seperti ini, Dispora Kaltim berupaya meningkatkan kualitas pemuda dan olahragawan yang berasal dari desa-desa di seluruh Kaltim.

Diharapkan, pemuda tersebut dapat menjadi motor penggerak pembangunan desa melalui kegiatan ekonomi produktif dan prestasi di bidang olahraga. Sinergi semua pihak diharapkan dapat mewujudkan bonus demografi dengan pemuda yang unggul dan siap membangun Kaltim.

Adv/Dispora Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *