Dispora Kaltim Kembali Mensosialisasikan Pemberdayaan Karang Taruna Pemuda Di Balikpapan

dok. Istimewa /Dispora Kaltim/divisi.id

Divisi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) mengadakan kegiatan sosialisasi pemberdayaan karang taruna pemuda di Hotel Grand Tjokro Balikpapan pada Jumat (10/11/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kaltim, dengan fokus pada pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, Bahri, menjelaskan bahwa sosialisasi ini merupakan yang ketiga kalinya setelah sebelumnya dilaksanakan di Kabupaten Paser dan Panajam Paser Utara (PPU). Kegiatan ini merupakan tanggapan terhadap imbauan Pemerintah Provinsi Kaltim kepada bupati dan wali kota untuk mengaktifkan kembali karang taruna, yang dianggap kurang aktif saat ini.

“Banyak yang kurang bergeliat dalam karang taruna, dan kegiatan ini juga menjadi momen untuk silaturahmi bersama,” ujar Bahri kepada awak media. Dia menambahkan bahwa pembinaan kepemudaan di Balikpapan saat ini cukup baik, namun perlu adanya pengaktifan kembali karang taruna sesuai arahan Sekda Provinsi Kaltim.

Bahri menjelaskan bahwa fokus utama kegiatan ini adalah meningkatkan IPP Kaltim, terutama pada domain partisipasi dan kepemimpinan pemuda. Ada tiga indikator utama yang dinilai, yaitu sejauh mana pemuda berorganisasi, sejauh mana mereka berjiwa sosial di masyarakat, dan sejauh mana mereka memberikan saran dan pendapat dalam pertemuan.

“Pada kesempatan ini, kami memberikan fasilitas bantuan, seperti atribut bendera panji yang akan kami berikan kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Balikpapan,” tambahnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama Dispora Kaltim dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Balikpapan untuk membangkitkan kembali semangat dan peran karang taruna pemuda dalam pembangunan daerah.

adv/Dispora Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *