Dispora Kaltim Terus Mengelar Pelatihan Kecakapan Hidup dan Wirausaha Pemula

Divisi.id – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora Kaltim) kembali aktif menggelar pelatihan kecakapan hidup bagi kaum muda pada bulan November ini, setelah berhasil melatih 350 pemuda pada bulan Oktober lalu dalam berbagai keterampilan.

Menurut Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, beberapa pelatihan kecakapan hidup telah dilaksanakan bulan lalu, seperti tata rias artis, desain grafis, barber shop, kerajinan rotan, dan kayu.

“Sejumlah pelatihan kecakapan hidup yang telah kami latih bulan lalu antara lain tata rias artis, desain grafis, barber shop, kerajinan rotan dan kayu,” ungkap Rasman.

Untuk bulan November ini, ada 180 peserta yang siap dilatih melalui kegiatan Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula 2023. Lokasi pelatihan telah dipastikan di dua kecamatan pada Kabupaten Kutai Timur, yaitu Kecamatan Long Mesangat dan Kecamatan Busang.

Di Kecamatan Long Mesangat, dilaksanakan lima pelatihan dengan masing-masing berlangsung selama lima hari pada tanggal 13 – 17 November 2023. Pelatihan meliputi sablon dan desain, peternakan, tata boga, perbengkelan, dan tata rias artis. Masing-masing pelatihan diikuti oleh 20 pemuda dari kecamatan setempat.

Sementara itu, di Kecamatan Busang, pelatihan berlangsung selama lima hari pada tanggal 20-25 November dengan empat jenis pelatihan, yakni mengukir, perikanan, peternakan, dan perbengkelan, dengan 20 peserta untuk setiap jenis pelatihan.

Rasman menjelaskan bahwa peserta berasal dari delapan desa setempat di masing-masing kecamatan, yang dipilih berdasarkan bakat dan minat mereka. Sebelumnya, Dispora Kaltim telah melakukan pendataan tentang bakat dan minat kaum muda setempat, bersamaan dengan seminar yang diadakan beberapa bulan sebelumnya.

adv/Dispora Kaltim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *