DPRD Kaltim Mendorong Disdikbud Kaltim Untuk Tingkatkan Kompetensi Pengawas Sekolah

Divisi.id – Anggota DPRD Kaltim meminta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud Kaltim) agar dapat memainkan peran aktif dalam meningkatkan kompetensi tenaga pengawas sekolah di wilayah Kaltim.

Salah satu anggota DPRD Kaltim, Salehuddin, menyatakan keinginannya agar pengawas sekolah dapat menerima informasi dan pelatihan yang diperlukan tanpa keterlambatan. Saleh mendukung upaya peningkatan kompetensi pengawas sekolah di Benua Etam.

“Pengawas seringkali mengalami keterlambatan dalam menerima informasi dan pelatihan yang dibutuhkan. Untuk itu, saya sangat mendukung peningkatan kompetensi pengawas sekolah di Benua Etam ini,” ungkap Saleh, belum lama ini.

Ia menyoroti kenyataan bahwa jumlah guru dalam sistem pendidikan jauh lebih banyak daripada jumlah pengawas. Oleh karena itu, ia menganggap perhatian yang lebih besar terhadap peningkatan kompetensi pengawas adalah suatu kebutuhan.

Selanjutnya, Salehuddin menekankan kontribusi dan peran aktif yang diharapkan dari Disdikbud Kalimantan Timur dalam meningkatkan kompetensi tenaga pengawas sekolah. Ia juga menyarankan perlu ada perbaikan dalam sistem rekrutmen pengawas, mengingat satu pengawas harus mengawasi beberapa sekolah dan ratusan guru.

“Kita berharap adanya revisi aturan terkait pengangkatan pengawas sehingga dapat disesuaikan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendik) yang berlaku. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan di sektor pendidikan,” lanjutnya.

Politisi tersebut juga menyoroti pentingnya kesejahteraan pengawas sekolah, menyatakan bahwa pengawas yang memiliki kesejahteraan yang memadai akan lebih termotivasi dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *