DPRD Kaltim Minta Peningkatan Serapan Anggaran dari OPD Terkait

Divisi.id – Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltim menjadi sorotan karena rendahnya serapan anggaran yang telah dialokasikan DPRD Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur Seno Aji pun berjanji akan segera menggelar rapat dengan OPD yang rendah serapan anggarannya.

“Rapat koordinasi kami rencanakan akan segera berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Sebelum reses dua minggu yang lalu, kami telah mengadakan pertemuan dengan Penjabat Gubernur yang memfokuskan perhatian pada OPD dengan kinerja yang kurang memuaskan, dan kami akan tetap memantau perkembangannya,” kata Seno Aji, Senin (30/10/2023).

Seno Aji menegaskan bahwa dua OPD yang menjadi perhatian utama adalah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ia berharap bahwa kedua OPD ini akan segera meningkatkan kinerja mereka dan menyerap anggaran dengan lebih efisien.

“Kami akan mengawasi perkembangan mereka dalam beberapa hari ke depan dan berharap bahwa mereka dapat memperbaiki serapan anggarannya,” tambah Seno Aji.

Seno Aji menjelaskan bahwa setelah berkoordinasi dengan beberapa OPD di wilayah Provinsi Kaltim, mereka menemukan bahwa serapan anggaran yang rendah disebabkan oleh pekerjaan yang belum diselesaikan dan pembayaran yang tertunda.

“Kontrak-kontrak sudah disepakati, kontraktor telah melaksanakan pekerjaan, tetapi pembayarannya belum selesai,” jelasnya.

Dalam rangka mengatasi masalah ini, Seno Aji telah meminta Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk segera membayar kontraktor jika pekerjaan tersebut telah selesai, sehingga anggaran tidak tertunda atau menumpuk hingga akhir tahun.

Seno berharap dalam waktu dekat serapan anggaran OPD akan meningkat dan tidak ada lagi OPD yang mendapatkan penilaian buruk.

“Saya optimis bahwa OPD dapat bekerja lebih baik dan lebih efisien. BPKAD telah menyetujui untuk membantu dalam masalah pembayaran. Semoga semuanya berjalan lancar dan serapan anggaran dapat meningkat dalam waktu dekat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik, telah meminta kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi Kaltim untuk mempercepat serapan anggaran.

“Pertemuan dengan seluruh kepala OPD bertujuan untuk melakukan konsolidasi internal dan mengevaluasi kinerja mereka,” ujar Akmal Malik beberapa waktu yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *