Festival Pesisir 2023 Siap Memikat Pengunjung dengan Ragam Acara Spektakuler

Setelah sukses menggelar KukarLand Festival 2023, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) kembali mempersiapkan event besar berikutnya, yaitu Festival Pesisir 2023. Acara yang akan digelar di Kecamatan Muara Badak, tepatnya di Pantai Panrita Lopi, akan menjadi pusat perhatian hingga akhir tahun 2023.

Festival Pesisir dijadwalkan akan meriah selama tiga hari, mulai dari tanggal 13 hingga 15 Oktober 2023, bekerja sama dengan Tirtonegoro Art Festival. Kehadiran festival ini sangat dinantikan oleh masyarakat, dan akan menjadi salah satu event nasional yang tak boleh dilewatkan.

Enam kegiatan festival akan menghiasi sepanjang pantai, termasuk Lomba Tari Pesisir, Pertunjukan Seni dan Budaya, Lomba Baca Puisi, Lomba Domino, Lukis Kanvas, dan Jalan Santai. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai permainan tradisional, pemutaran film, pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pesisir coffee, Talkshow Pemuda Pesisir, parade musik, outbond pesisir, demo memasak, lomba lari, voli pantai, pemuda inovatif, sepak bola pantai, serta penyematan gelar Duta Pesisir.

Selain sebagai ajang hiburan, Festival Pesisir juga menjadi wadah promosi kekayaan budaya lokal dan pembelajaran mengenai tradisi maritim. Pengunjung akan memiliki kesempatan untuk belajar cara membuat alat tradisional menangkap kepiting “Rakang” dan teknik mencabut duri ikan Bandeng. Tak hanya itu, mereka juga akan diajak untuk memahami ciri-ciri ikan segar dan teknik menangkap ikan “Ijar Pesisir.”

“Festival Pesisir merupakan platform bagi kami untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang pariwisata, seni, dan budaya Kalimantan Timur,” ujar Rahmat Azazi, penyelenggara Festival Pesisir 2023.

Pemkab Kukar mendukung penuh kegiatan ini, dengan fokus pada dukungan terhadap inisiatif pemuda setempat. Dalam hal ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) juga memberikan dukungan yang signifikan.

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, dengan antusias menyambut Tirtonegoro Art Festival. Ia menegaskan bahwa acara ini akan melibatkan pelaku usaha kreatif dan UMKM, dan mencerminkan komitmen Pemkab untuk mendukung aktivitas positif yang dilakukan oleh pemuda-pemuda Kukar.

“Kapan lagi kita bisa menikmati parade musik, pertunjukan seni, dan berlibur di pantai dalam satu event? Ayo, mari kita meramaikannya,” ajaknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *