Gelar Sosbang ke 7, Marthinus tingkatkan pemahaman tentang pancasila di Dapilnya

Advertorial306 Dilihat

Divisi.id – Untuk memberikan Pendidikan tentang Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur turut terjun ke masyarakat untuk melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang). Hal itu dimaksudkan untuk memperkuat jati diri bangsa melalui keterikatan kuat di tengah masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Anggota DPRD Kaltim Dapil Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu, Marthinus yang menggelar Sosbang ke 7 di Desa Anah, Kecamatan Lon Iram, Kabupaten Kutai Barat (Kubar). Sabtu, (25/11/2023) pukul 16.00 Wita sampai selesai.

Dalam sosialisasi itu, Marthinus mengundang dua narasumber sebagai pemateri pemahaman empat konsesus, yaitu Suwito, S.STP dan Danramil Yohanes serta moderator Fitriani.

Dalam sambutan nya, Marthinus menyebut, masyarakat di era ini harus kembali disegarkan tentang nilai-nilai Pancasila. Hal itu penting agar wawasan Empat Pilar Kebangsaan di tengah masyarakat dapat diaplikasikan agar menjadi konsepsi nasional yang dapat menyatukan keragaman.

“Jiwa patriotis ini perlu dihidupkan karena Indonesia adalah negeri yang sangat luas. Di mana kita memiliki 17 ribu pulau, dan lebih dari 500 suku bangsa. Ini perlu dikonsolidasikan dengan satu konsepsi yang merupakan konsepsi nasional. Tujuannya menyatukan keragaman baik agama suka dan bangsa,” ucapnya.

Baginya tak sulit untuk memberikan pemahaman tentang ideologi Pancasila. Pasalnya, sebagai kader PDIP, dirinya kental dengan materi kebangsaan yaitu ideologi Pancasila.

“Ideologi Pancasila sudah menjadi barang wajib dalam setiap pendidikan kader yang selalu disajikan di PDI Perjuangan. Jadi, ketika program Sosbang ini turut menjadi tanggung jawab kami sebagai wakil rakyat untuk menyampaikan kepada masyarakat, maka saya pribadi antusias. Syukurnya ini sangat diminati oleh warga kita,” pungkasnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *