Gencar laksanakan Sosbang, Rima tanamkan nilai persatuan melalui empat pilar bangsa

Advertorial221 Dilihat

Divisi.id- Anggota DPRD Kaltim, Rima Hartati melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan (Soswasbang) ke 7 di Jl.Mulawarman No.20 Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada, Jumat, (24/11/2023).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, Rima menghadirkan dua narasumber yakni RUDINI, S.Sos.,M.Sos dan AWANG M.FACHRORI WIRANGGA. Tak lupa, kegiatan itu pun di pandu oleh M.FAUZAN FATURAHMAN hingga berjalan dengan lancar.

Menurut Rima sosialisasi wawasan kebangsaan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang 4 pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Rima mengatakan kegiatan ini penting dilaksanakan, apalagi mayoritas peserta yang hadir adalah ibu-ibu atau wanita. Sehingga pemahaman tentang kebangsaan dapat ditanamkan untuk putra-putri, terlebih untuk dirinya sendiri.

“Saya sebagai anggota DPRD Kaltim memiliki kewajiban agar kebangsaan itu ada di dalam diri kita. Makanya setiap sosialisasi kebangsaan selalu diawali dengan lagu Indonesia Raya. Karena kami enggak mau, nggak rela, dan nggak ikhlas kalau apa yang telah diletakkan oleh para pendahulu tentang pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika tercerai berai,” ucapnya.

Ia pun menerangkan, bahwa soswabang merupakan cara legislatif menyuarakan rasa cinta Tanah Air kepada masyarakat. Salah satunya dengan memahami Pancasila sebagai landasan hidup Warga Negara Indonesia (WNI).

“Dalam setiap butir pancasila adalah cerminan kita sebagai bangsa Indonesia. Harus bersatu, saling menghargai, tidak boleh bercerai-berai, saling asah asih, dan asuh terhadap tetangga, terhadap umat dan kaum kita. Kita juga harus gotong royong terhadap lingkungan dimana kita tinggal,” tutupnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *