Keberhasilan Desa Tanjung Batu Meraih Status Desa Mandiri

Divisi.id – Kisah keberhasilan Desa Tanjung Batu, yang terletak di Kecamatan Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara (Kukar), meraih status desa mandiri merupakan cerita inspiratif. Keberhasilan ini dicapai melalui usaha gigih dalam membangun infrastruktur dan mengembangkan potensi desa.

Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Batu telah melaksanakan berbagai langkah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desanya, termasuk memberikan pelatihan kewirausahaan dan ketahanan pangan kepada warga.

Pemdes Tanjung Batu juga mendapat dukungan dari program Kukar Idaman, yang membantu mengatasi berbagai kendala dalam pengembangan desa. “Kami juga memprioritaskan perbaikan infrastruktur desa, terutama pengembangan jalan yang mendukung pariwisata desa,” kata Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, pada Jumat (13/10/2023).

Desa Tanjung Batu memiliki potensi wisata yang besar, terutama setelah diangkat sebagai lokasi pengembangan kawasan cadangan pangan strategis nasional. Kawasan ini dikelola oleh masyarakat desa dengan kerjasama antara TNI, Pemerintah Kabupaten Kukar, Pemdes Tanjung Batu, dan pelaku usaha di Tenggarong Seberang.

Di kawasan seluas 460 hektare ini, selain tanaman padi, juga terdapat tanaman hortikultura seperti jahe dan cabai, serta budidaya ikan.

“Kami yakin bahwa dengan potensi yang dimiliki, desa kami akan terus menjadi desa mandiri yang kompetitif,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *