Kelurahan Loa Ipuh Bersama Kelompok Masyarakat Bersihkan Anak Sungai Mahakam

Diskominfo Kukar163 Dilihat

Divisi.id – Pemerintah setempat memberikan perhatian khusus terhadap pemulihan anak Sungai Mahakam yang berada di Kelurahan Loa Ipuh. Upaya ini dimaksudkan untuk mengurangi potensi banjir selama musim hujan dan memastikan pasokan air selama musim kemarau.

Lurah Kelurahan Loa Ipuh, Erri Suparjan, mengumumkan bahwa proses pemulihan anak Sungai tersebut akan dimulai pada awal Oktober. Erri akan bergabung dengan personel Kodim 0906/Kukar untuk memulai serangkaian langkah perbaikan di sekitar anak Sungai Mahakam. Sungai ini memiliki peran penting dalam ekosistem lingkungan di wilayah tersebut.

“Kodim 0906/Kukar telah berkomitmen untuk memulai tindakan ini pada awal Oktober,” kata Erri Suparjan.

Meskipun normalisasi anak Sungai Mahakam di Kelurahan Loa Ipuh seharusnya menjadi tanggung jawab Badan Wilayah Sungai (BWS), pihak Kelurahan telah mengajukan koordinasi dan permohonan kepada BWS untuk melaksanakan pemulihan ini.

Sementara menunggu pemulihan resmi, Kelurahan Loa Ipuh telah aktif menjaga kebersihan anak Sungai Mahakam dengan berkolaborasi bersama Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas). Kegiatan pembersihan rutin ini telah dilakukan sejak enam bulan lalu dan dijadwalkan dilaksanakan 1-2 kali setiap bulan.

“Kami akan terus melakukan upaya pembersihan sungai melalui aksi gotong royong dengan Pokmaswas setiap bulan. Namun, untuk pemulihan, wewenang sepenuhnya ada di tangan Badan Wilayah Sungai (BWS) Kaltim,” ungkap Erri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *