Kepala BPSDM Kaltim, Nina Dewi membuka secara resmi pelatihan bendaharawan bagi ASN di Pemkab Kukar

Divisi.id – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui bidang Pengembangan Kompetensi Teknis sukses menyelenggarakan Pelatihan Bendaharawan Pengeluaran Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Angkatan I bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar). Senin (18/9/23).

Pelatihan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengelolaan keuangan khususnya yang menduduki jabatan bendahara pengeluaran pada Badan Layanan Umum Daerah agar memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik dalam melaksanakan, menatausahakan dan mempertanggungjawabkan pengeluaran APBD satuan kerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Dalam gelaran tersebut, dihadiri langsung oleh Kepala BPSDM Provinsi Kaltim Dra. Nina Dewi, M.AP., sekaligus membuka kegiatan pelatihan secara resmi.

Dalam sambutannya, Ia mengatakan bahwa Penatausahaan keuangan dalam Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) adalah salah satu aspek yang sangat penting dalam operasional BLUD. Hal itu dikarenakan proses pengelolaan, pencatatan, pelaporan, dan pengendalian keuangan yang melibatkan penggunaan dana publik yang diberikan kepada BLUD.

“Penatausahaan keuangan yang baik dalam BLUD merupakan landasan yang sangat penting untuk menjaga integritas keuangan dan operasional BLUD serta untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat. Ini juga membantu dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap penggunaan dana publik,” ujarnya.

“Dalam pelatihan ini, akan disampaikan materi materi yang komprehensif dan relevan dengan tantangan yang dihadapi oleh bendaharawan BLUD saat ini dengan menggali berbagai aspek yang berkaitan dengan manajemen keuangan publik, peraturan terkait, dan praktik terbaik yang dapat membantu peserta dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan efektif.” lanjutnya.

Oleh karena itu, Nina Dewi berharap peserta yang mengikuti pelatihan tersebut dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya dan juga mengikuti pelatihan lainnya yang akan dilaksanakan oleh BPSDM Provinsi Kaltim.

“Untuk itu, melalui pelatihan ini maupun pelatihan-pelatihan yang akan datang, kita dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. supaya tidak ada kekeliruan dalam proses pelayanan terhadap masyarakat kedepannya,”. pungkasnya.

Wartawan: Sukirman
Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *