Kepala Desa Harus Manfaatkan Anggaran Desa untuk Tekan Inflasi, Kata Bupati Kukar

Diskominfo Kukar178 Dilihat

Divisi.id – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah, mengatakan bahwa kepala desa harus memanfaatkan anggaran desa dan alokasi dana desa untuk menekan dan mengendalikan inflasi di daerahnya. Hal ini penting untuk menjaga daya beli masyarakat di tingkat desa.

“Seluruh kepala desa harus memanfaatkan anggaran desa untuk menekan dan mengendalikan inflasi di desanya,” kata Edi saat dikonfirmasi, Senin (23/10/2023).

Edi menguraikan bahwa ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh kepala desa untuk menekan inflasi. Yaitu dengan mengumpulkan data harga harian, melakukan evaluasi trend kenaikan harga bahan pangan setiap pekan, dan memastikan kemandirian produksi dan distribusi bahan pangan.

“Langkah-langkah ini adalah bentuk antisipasi yang efektif untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan di desa,” jelas Edi.

Selain melibatkan kepala desa, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar juga melakukan operasi pasar di 123 titik yang ditangani oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar. Edi juga mendorong agar Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan koperasi desa bekerjasama dengan Bulog untuk mendistribusikan bahan pangan. Edi juga mengajak agar kepala desa mengaktifkan pasar desa atau pasar rakyat untuk memperluas jaringan operasi pasar.

“Kami harap kepala desa, pengurus BUMDes, dan koperasi bisa lebih aktif dalam mengakses bahan pangan sehingga cadangan pangan di desa bisa terpenuhi,” tutup Edi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *