Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Yakin Atlet Catur Kaltim Raih Kejuaraan di PON XXI

Divisi.id – Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi, penuh optimisme menjelang keberangkatan sebelas atlet catur Benua Etam ke Bandung, Jawa Barat, untuk mengikuti Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) yang berlangsung pada tanggal 25-30 November.

“Mereka telah siap untuk berjuang keras guna meraih tiket ke PON XXI yang akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara pada tahun 2024,” ujar Reza di Samarinda, Rabu (01/11/2023).

Selaku Ketua Pengurus Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim, Reza menjelaskan bahwa sebelas atlet terdiri dari lima atlet putra dan enam atlet putri.

Atlet-atlet putra akan menghadapi persaingan sengit melawan tujuh provinsi lain di zona play off, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, dan Bali. Hanya dua provinsi terbaik yang akan berhak melaju ke PON XXI.

Sementara itu, atlet-atlet putri sudah memastikan diri mereka akan tampil dalam PON XXI setelah meraih gelar juara dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Catur Putri 2023 di Surabaya. Mereka berhasil mengalahkan provinsi-provinsi unggulan seperti DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Reza, anggota legislatif dari daerah pemilihan Kutai Kartanegara, memiliki target ambisius untuk meraih lima medali emas dari cabang catur dalam PON XXI. Dia yakin target tersebut dapat tercapai karena Kaltim memiliki atlet-atlet berbakat dan berprestasi.

“Kami menargetkan lima medali emas, mengingat kami berhasil meraih dua medali emas pada kategori putri. Kami berharap untuk meraih hasil maksimal juga dari atlet-atlet putra,” ungkapnya.

Reza memberikan apresiasi tinggi kepada pelatih catur Kaltim, Najahan Mustofa, yang telah berhasil membina atlet-atlet catur Kaltim dengan baik. Dia berharap agar pelatih terus memberikan motivasi dan bimbingan kepada para atlet.

Pelatih catur Kaltim, Najahan Mustofa, menyatakan kesiapannya menghadapi kompetisi Pra-PON dan PON XXI dengan atlet-atlet yang telah ia bina. Dia juga tidak merasa terbebani dengan target ambisius dari Ketua Pengprov Percasi Kaltim.

“Jika Ketua menyebutkan target lima medali emas, saya sebagai pelatih akan berusaha keras untuk mewujudkannya. Apalagi Ketua kami adalah orang yang penuh optimisme,” kata Mustofa.

Mustofa telah menyiapkan strategi dan taktik yang sesuai dengan karakteristik lawan-lawan yang akan dihadapi oleh atlet-atletnya.

Dia juga meminta doa dan dukungan dari masyarakat Kaltim agar atlet-atlet catur provinsi tersebut dapat meraih prestasi gemilang pada tingkat nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *