Komisi III DPRD Kaltim Puji Program RLH Pemprov

Divisi.id – Berdasarkan laporan Dinas PUPR-Pera Kaltim, dari target 25 ribu unit RLH bagi keluarga pra sejahtera sepanjang tahun 2019-2023, Pemprov Kaltim telah membangun RLH dan merehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 25.539 unit, itu termasuk kontribusi dana CSR perusahaan.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari anggota Komisi III DPRD Kaltim Romadhony Putra Pratama.

“Saya mengapresiasi hal itu program RLH), warga pra sejahtera di Samarinda mendapatkan bantuan,” ujar Romadhony, sapaan akrabnya.

Ia membeberkan, awal program RLH terbentuk, dirinya mengaku pernah mendapat keluhan dari warga karena bahan baku RTH tersebut kurang bagus.

Menanggapi keluhan masyarakat, ia mengingatkan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) agar meningkatkan kualitas bahan bangunan.

“Jangan sampai sudah lama ditumpuk dimakan usia. Namun jika melihat progresnya, sudah mulai membaik,” ucapnya.

Selain itu, Romadhony juga mengapresiasi beberapa perusahaan yang membantu program RLH melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR).

“Kami selalu suarakan jangan sampai perusahaan tidak membangun daerahnya. Akhirnya hasil dari permintaan DPRD dan Pemprov, perusahaan banyak membantu,” ungkapnya.

Menurutnya, program RLH sangat bermanfaat bagi masyarakat karena dapat meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan dalam beraktivitas.

“Rumah layak huni itu harus memiliki luas minimal 36 meter persegi, memiliki ruang tamu, ruang tidur, dapur, kamar mandi, dan WC. Selain itu, rumah juga harus memiliki sumber air bersih, listrik, dan ventilasi yang baik,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *