Kukar Berhasil Meraih Juara III dalam Lomba Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kaltim

Divisi.id – Kabupaten Kutai Kartanegara (Kab. Kukar) kini berhasil meraih prestasi yang luar biasa dalam kegiatan lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) X Tingkat Provinsi Kalimantan Timur. Acara berlangsung mulai tanggal 23 hingga 27 April 2024, bertempat di Hotel Puri Senyiur, Samarinda.

Dalam kegiatan lomba Teknologi Tepat Guna ke X Tingkat Provinsi tersebut Kab. Kukar meraih juara ke III. Dalam hal tersebut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kukar Arianto, mengatakan bahwa sebagai salah satu pihak pemerintahan Kukar Ia merasa bersyukur atas capain tersebut.

“Kita sebagai Pemkab Kukar tentu merasa bersyukur dan bangga atas keberhasilan dalam meraih juara III di lomba TTG X tahun 2024,” ungkapnya.

Dalam kegiatan TTG X tersebut, Pemkab Kukar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa mengirimkan tiga perwakilan desa dari Kecamatan Tenggarong Seberang, yaitu Desa Suka Maju, Desa Manunggal Jaya, dan Desa Buana Jaya.

Arianto menjelaskan bahwa ketiga desa tersebut menampilkan beragam inovasi yang efektif. Desa Manunggal Jaya, misalnya, berhasil menciptakan peralatan mesin sederhana untuk menghasilkan pupuk organik cair dan padat dari limbah rumah tangga.

“Sisa sampah sayur, kotoran pembersihan ikan, cangkang telur, dan sebagainya dapat dijadikan pupuk organik. Pupuk cair tersebut difermentasi selama 20 hari,” paparnya.

Di samping itu, desa-desa lainnya juga menampilkan prestasi yang mengesankan. Desa Buana Jaya menampilkan alat pemipil jagung, sementara Desa Suka Maju berhasil menciptakan produk olahan dari pengolahan sampah berupa paving blok, yang sebelumnya meraih juara pada TTG Bontang tahun 2023.

“Kami berharap minat masyarakat terhadap pengembangan TTG semakin tinggi, sehingga partisipasi dalam even-even semacam ini juga semakin meningkat,” tambahnya.

Arianto juga menyoroti perlunya pembinaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan TTG. Meskipun sudah ada Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di berbagai desa dan kelurahan di Kukar, namun respons terhadapnya masih perlu ditingkatkan.

“Dampaknya belum signifikan karena respon dari kelompok masyarakat yang membutuhkan peralatan belum maksimal,” katanya.

Meskipun demikian, Pemkab Kukar terus memberikan dukungan dalam pemenuhan teknologi tepat guna. Salah satu contohnya adalah Gelar Teknologi Tepat Guna yang diadakan di Desa Suka Maju, yang berhasil meraih juara III melalui motori Yayuk Setia Hati. Mereka berhak atas trophy, piagam penghargaan, dan uang pembinaan sebesar Rp10 Juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *