Pantai Tanah Merah Sumbang PAD Kukar Terbesar dari Lima Objek Wisata

Divisi.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki lima objek wisata yang menjadi sumber Pemdapatan Asli Daerah (PAD) Kukar. Objek wisata tersebut adalah Pulau Kumala, Kolam Pemancingan, Pantai Tanah Merah, dan Planetarium.

Muhammas Ridha Fatrianta, Kepala Bidang Pengelolaan Objek dan Sarana Kepariwisataan Dispar Kukar, mengungkapkan bahwa Pantai Tanah Merah adalah objek wisata yang menyumbang PAD Kukar terbesar.

“Sektor pariwisata ini memberikan sumbangsih untuk PAD Kukar, meskipun jumlahnya belum besar,” kata Ridha, Senin (23/10/2023).

Ridha juga menyebutkan bahwa objek wisata yang dikelola oleh swasta juga memberikan kontribusi pajak untuk PAD Kukar. Namun, pajak tersebut masuk ke Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kukar.

“Kami juga berterima kasih kepada pengelola wisata swasta yang turut andil dalam meningkatkan PAD Kukar,” ujarnya.

Dispar Kukar berencana untuk melakukan pembenahan dan renovasi fasilitas di sejumlah objek wisata. Ridha mengatakan bahwa dengan menggunakan APBD-P 2023, Dispar Kukar akan memperbaiki fasilitas di objek wisata yang dikelolanya.

“Selain itu, kami juga akan mencoba untuk memfasilitasi pengelola wisata swasta untuk membuat aplikasi pembayaran parkir online, agar pendapatannya masuk ke kas daerah,” tutup Ridha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *