Pelatihan Kesiapsiagaan Kebakaran Sukses Digelar di Kelurahan Baru

Diskominfo Kukar152 Dilihat

Divisi.id – Kelurahan Baru, yang terletak di Kecamatan Tenggarong, telah menggelar Penyuluhan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran di Balai Pertemuan Umum (BPU) pada Selasa (10/10/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 20 warga yang mendapatkan bimbingan dari narasumber dari Basarnas Samarinda dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmatan) Kutai Kartanegara (Kukar).

Lurah Kelurahan Baru, Bayu Ramanda, menjelaskan bahwa tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan warga dalam menghadapi kebakaran, yang sering terjadi di Kukar. Setelah pelatihan, Kelurahan Baru berencana untuk melaksanakan rekrutmen relawan pemadam kebakaran sesuai dengan arahan dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar.

“Kami berkomitmen untuk mendorong warga Kelurahan Baru agar dapat berperan aktif dalam upaya pemadam kebakaran dan untuk memperkuat semangat gotong royong dan tanggap bencana di lingkungan kami,” ucap Bayu.

Selama pelatihan, peserta mendapatkan pemahaman mengenai Pertolongan Pertama Medis (Medical First Responder/MFR), yang sangat penting dalam memberikan pertolongan pertama kepada korban kebakaran. MFR merupakan langkah awal dalam tim penyelamatan yang bertujuan untuk melindungi diri sendiri, lingkungan, tim penyelamat, dan korban.

Riqi Efendi, Koordinator Siaga Satu Reserse Basarnas Samarinda, menekankan pentingnya pemahaman kompetensi yang diperlukan dan pelatihan berkelanjutan.

“Kami berharap pelatihan ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Kelurahan Baru dan membantu meningkatkan kesadaran akan keselamatan,” kata Riqi Efendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *