Pemerintah Kukar Mendorong Peningkatan Jalan demi Dukung Sektor Pertanian

Divisi.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dengan tekad kuat tengah memacu proyek peningkatan jalan sepanjang 32,55 kilometer di daerah tersebut dengan tujuan meningkatkan kapasitas jalan serta mendukung pertanian.

Pemerintah berambisi menyelesaikan proyek ini pada akhir tahun 2023.Kerja sama erat antara Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kukar dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar telah mempercepat peningkatan delapan ruas jalan strategis yang sangat mendukung aktivitas pertanian.

Upaya ini mencakup pembenahan jalan-jalan di dalam dan di luar wilayah pertanian yang krusial.Restu Irawan, Kabid Bina Marga DPU Kukar, menjelaskan bahwa proyek ini menargetkan peningkatan jalan-jalan yang memiliki fungsi tematik, terutama yang berperan penting dalam menghidupkan sektor pertanian dan pariwisata.

Beberapa contoh proyek peningkatan jalan termasuk Desa Manunggal Daya (Kecamatan Sebulu) dengan alokasi anggaran sekitar Rp 2,4 miliar, Desa Sukamaju (Kecamatan Tenggarong Seberang) dengan dana sekitar Rp 1,9 miliar, dan Desa Bhuana Jaya (Kecamatan Tenggarong Seberang) dengan dana sekitar Rp 4 miliar.

Peningkatan jalan juga mencakup perbaikan di wilayah Desa Bukit Pariaman, Desa Bukit Raya, Desa Ponoragan, Desa Panca Jaya, dan Jalan Taman Arum menuju Desa Sepakat.

“Total anggaran proyek ini mencapai Rp 23,1 miliar, yang telah dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023,” ungkapnya.

Restu menegaskan bahwa proyek ini tak hanya akan meningkatkan kapasitas jalan, tetapi juga akan memberikan dukungan yang signifikan bagi pengembangan tematik di sektor pertanian.

Upaya ini sejalan dengan visi pemerintah kabupaten untuk menjadikan Kukar sebagai pemasok utama pangan untuk Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kawasan seperti Sebulu-Muara Kaman sangat memerlukan jaringan jalan yang handal untuk mendukung aktivitas pertanian, dengan Tenggarong Seberang sebagai fokus utama,” ujar Restu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *