Pemkab Kukar Memantapkan Persiapan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XX Tingkat Kaltim Tahun 2023

Divisi.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) terus meningkatkan persiapan untuk perhelatan Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XX tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023.

Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Pembahasan Persiapan Pelaksanaan Puncak Peringatan BBGRM Tingkat Provinsi Kaltim ke-XX tahun 2023, panitia membagi tugas dan tanggung jawab sesuai dengan urusan masing-masing.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim, Eka Kurniati, bersama Kasubbag Umum Aparatur Sipil Negara (ASN) Intan Nirwany, yang didampingi oleh Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda Mariah dan Kasubbag Umum Asri Intan Nirwany, menguraikan beberapa poin tugas yang harus dipersiapkan.

“Terkait poin satu fasilitasi gubernur dan rombongan hadir kita sudah komunikasi untuk memasukan kegiatan ke dalam agenda Pak Pj Gubernur Kaltim Tinggal menunggu informasi kepastian kesediaan beliau hadir,” ujar Aci sapaan akrab Asri Intan Nirwany, Senin (9/10/2023).

Selain itu, DPMPD bertanggung jawab atas fasilitasi undangan Bupati, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kaltim. Mereka juga akan memimpin acara Rakor, menyediakan bibit pohon, serta memfasilitasi surat edaran untuk gotong royong serentak se-Kaltim.

Mereka menyatakan kesiapan untuk mengoordinasikan dan mempersiapkan semua tugas dan tanggung jawab DPMPD Kaltim.Kepala DPMD Kutai Kartanegara, Arianto, menjelaskan bahwa tujuan dari rapat ini adalah untuk memastikan semua pihak, baik dari provinsi maupun kabupaten, dapat bersinergi, membantu satu sama lain, dan berpartisipasi aktif untuk menyukseskan kegiatan BBGRM.

Peringatan BBGRM ini direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 18-19 Oktober 2023, di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara, yang ditetapkan sebagai tuan rumah karena Desa Badak Baru merupakan pemenang Lomba BBGRM tingkat Kutai Kartanegara dan Desa Salo Palai sebagai Juara Lomba Desa tingkat Provinsi Kaltim.

“Kegiatan diawali Rakor Dinas PMD dan LPM se Kaltim serta Musda LPM se Kaltim pada 18 Oktober 2023,” pungkas Arianto.

Acara puncak BBGRM ini akan diawali dengan seremoni, pameran produk unggulan desa, kegiatan bersih-bersih lingkungan dan gotong royong serentak di seluruh Kabupaten Kutai Kartanegara, penanaman pohon penghijauan, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, pertunjukan seni daerah, dan banyak lagi.

Setelah rapat persiapan, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara merencanakan untuk melakukan kunjungan lapangan guna memastikan lokasi pelaksanaan semua rangkaian kegiatan berjalan dengan baik. Rapat ini dihadiri oleh Camat Muara Badak dan perwakilan dari LPM Kutai Kartanegara.

adv/Az/Wrt, Sukirman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *