Penyelesaian Sengketa Lahan Jadi Pekerjaan Rumah PJ Gubernur Kaltim, Marthinus Dorong Tindakan Tegas

Divisi.id – Maraknya masalah sengketa lahan di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi tantangan serius yang dihadapi Pj Gubernur Kaltim, Akmal Malik. Anggota Komisi I DPRD Kaltim, Marthinus, menekankan pentingnya menuntaskan masalah ini sebagai salah satu pekerjaan rumah yang mendesak.

“Akmal Malik, selaku PJ Gubernur Kaltim, banyak sekali tugas yang harus diselesaikan, salah satunya terkait banyaknya masalah sengketa lahan yang belum terselesaikan,” ucap Marthinus.

Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebutkan bahwa ada beberapa daerah di Provinsi Kaltim yang masih terkendala dengan sengketa lahan, termasuk di Desa Saliki, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

“Di sana ada sengketa lahan, antara PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS) dengan masyarakat setempat,” ungkapnya.

Marthinus menyatakan bahwa hingga saat ini, belum ada penyelesaian yang jelas terkait masalah tersebut. Status tanah, apakah tanah negara atau bukan, serta apakah ada ganti rugi dari perusahaan kepada masyarakat, masih belum terungkap dengan jelas.

“Hingga saat ini belum ada kejelasan status tanahnya, apakah itu status tanah negara atau seperti apa. Kemudian apakah ada ganti rugi oleh pihak perusahaan kepada masyarakat,” tambahnya.

Dengan demikian, Marthinus mendorong Pj Gubernur Kaltim untuk mengambil tindakan tegas dan segera menyelesaikan masalah sengketa lahan ini. Ia menekankan perlunya perhatian lebih agar masalah tersebut dapat diatasi dengan cepat dan adil.

“Ini yang kita harapkan kepada PJ Gubernur Kaltim, jadi banyak tugas yang perlu diselesaikan dari kepemimpinan sebelumnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *