Rembuk Pendidikan Kaltim Dorong Transformasi Pendidikan Menuju Indonesia Emas 2045

Divisi.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Timur (Kaltim) telah menggelar Rembuk Pendidikan tingkat provinsi dengan tema “Pendidikan untuk Akselerasi Transformasi Peradaban Masyarakat Kaltim Menuju Indonesia Emas 2045.

Kegiatan Rembuk Pendidikan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada 27 hingga 28 Oktober lalu, di Hotel Novotel Balikpapan.

Acara ini merupakan wadah untuk menyerap aspirasi dari satuan pendidikan dan merumuskan kebijakan pendidikan dan kebudayaan di masa depan.

Rembuk Pendidikan tahun 2023 dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan, termasuk Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dr. Ir. Hetifah Sjaifudian M.P.P, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otoritas IKN Drs. Alimudin M.Si, Kepala Disdikbud Kaltim beserta Sekretarisnya, serta Anggota Komisi IV DPRD Kaltim.

Selain itu, turut hadir juga Eselon III dan IV di lingkungan Disdikbud Kaltim, Dewan Pendidikan Kalimantan Timur, Rektor Perguruan Tinggi di Kaltim, dan sekitar 150 peserta lainnya, terdiri dari akademisi serta Kepala Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kaltim.

Muhammad Kurniawan, Kepala Disdikbud Kaltim, dalam sambutannya mengharapkan bahwa hasil pemikiran dan usaha yang dilakukan dalam Rembuk Pendidikan ini akan berkontribusi pada pembangunan pendidikan di Kalimantan Timur.

“Segala jerih payah dan pemikiran dari kita semua diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan pendidikan di Kaltim,” ungkap Kurniawan saat ditemui beberapa hari lalu.

Peserta Rembuk Pendidikan juga memberikan masukan penting kepada para anggota DPR RI asal Kaltim tentang program-program kebijakan dan alokasi anggaran di bidang pendidikan yang perlu mendapat perhatian khusus.

adv/HR