RSJD Kaltim Terapkan Tes MMPI Digital, Pemeriksaan Kesehatan Mental Tanpa Batas Jarak

Divisi.id – Rumah Sakit Jiwa Daerah Husada Mahakam menghadirkan Tes MMPI Digital, memungkinkan pemeriksaan gangguan jiwa dari jarak jauh.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaltim Atma Husada Mahakam, Indah Puspitasari menjelaskan bahwa pemeriksaan tes MMPI atau screening awal tersebut bertujuan untuk mengetahui keadaan kesehatan mental masyarakat.

“Kami membuat Tes MMPI digital ini. Untuk mempermudah masyarakat. Jadi enggak perlu lagi orangnya datang. Bisa dari jarak jauh dan kami yang fasilitisi soal-soalnya dan kemudian kami akan mendiagnosanya,” jelas Indah, di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (01/11/2023).

Kemudian, Indah mengungkapkan melalui
MMPI digital, pemeriksaan kesehatan mental menjadi lebih aksesibel, khususnya bagi daerah terpencil.

“Kita akan jemput bola dan kami dinas kabupaten/kota akan mendata. Seperti Kutai Barat (Kubar), Paser, Mahakam Ulu (Mahulu) itu kan jauh. Jadi kita fasilitasi pake aplikasi dan itu sifatnya rahasia hanya kami yang menjaga,” ungkapnya.

Indah menekankan bahwa tes MMPI digital di Atma Husada adalah terobosan signifikan dalam pemeriksaan kesehatan jiwa, memberikan akses lebih mudah dan menyeluruh dalam menangani kesehatan mental masyarakat.

“Kami juga bisa melakukan pemeriksaan fisik. Tapi kan kalau pemeriksaan mental itu gak ada yang tau,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *