Safuad gencarkan Sosbang empat pilar bangsa di Kutai Timur

Divisi.id- Guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga persatuan dan cinta tanah air Indonesia, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Safuad, SE kembali melaksanakan Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang) di RT.29, Kelurahan Singa Geweh, Kecamatan Sangatta Selatan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Sabtu (11/11/2023) pagi sampai selesai.

Dalam memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Anggota DPRD Kaltim Safuad didampingi oleh dua pemateri dari akademisi STIPER Kutim yakni La Sarido, SP., MP dan Rudi, SP., MP. Kegiatan itu pun berjalan lancar dengan hadirnya warga setempat juga di pandu oleh moderator Bahar, SP., MP. Adapun materi yang telah di sampaikan kepada masyarakat yakni empat pilar bangsa yang mencakup Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam sambutannya, Safuad mengatakan bahwa kegiatan Sosbang ini, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan seluruh anggota DPRD Kaltim dengan melakukan sosialisasi kepada seluruh masyarakat di Kaltim.

“pelaksanaan kegiatan ini, setiap Anggota DPRD Kaltim diberi kesempatan untuk turun ke sejumlah kabupaten dan kota yang tersebar, guna memberikan pengetahuan Wasbang secara langsung ke masyarakat khususnya di Kaltim,” ucapnya.

“Dan di harapkan, dengan adanya kegiatan ini, dapat memperkokoh nilai cinta tanah air bagi seluruh masyarakat. Sebab Wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan meningkatkan kualitas hidup bangsa, serta Konsep kebangsaan merupakan hal yang mendasar bagi bangsa Indonesia,” lanjut Safuad.

Lebih lanjut, Anggota DPRD Kaltim ini pun menjelaskan terdapat beberapa contoh sikap cinta tanah air yang mampu digambarkannya, seperti membela tanah air, menjaga dan melindungi tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya serta melestarikan alam dan lingkungan.

“Rasa cinta tanah air ini, dapat diwujudkan dalam sikap, rela berkorban untuk melindungi wilayahnya dari berbagai ganggungan dan ancaman, khususnya dari paham radikalisme,” terangnya.

“Dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para peserta yang hadir mengikuti Sosbang ini, dapat menumbuhkan perilaku positif yang harus di pupuk sejak dini, agar terciptanya masyarakat yang aman dan tentram serta sejahtera,” pungkasnya.

Wartawan: Sukirman

Editor: Intan Komalasari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *