Tingkatkan Penjualan Produk Lokal, Disperindag Kukar Dorong Pelaku UMKM Gunakan E-katalog

Diskominfo Kukar211 Dilihat

Divisi.id – Pemkab Kukar berupaya meningkatkan penjualan produk lokal yang dihasilkan oleh pelaku IKM dan UMKM di daerahnya. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan penggunaan E-katalog, platform online untuk pengadaan barang pemerintah daerah.

Sayid Fathullah, Sekretaris Disperindag Kukar, mengatakan bahwa E-katalog dapat membantu pelaku IKM dan UMKM memasarkan produk mereka kepada 58 OPD, termasuk Kecamatan, yang rutin membutuhkan berbagai barang. Ia juga menyatakan bahwa pihaknya akan mengeluarkan Surat Edaran agar OPD wajib membeli produk UMKM dalam kegiatan mereka.

“Kami ingin produk-produk IKM dan UMKM di Kukar bisa bersaing dengan produk luar. Kami juga mendorong mereka untuk melengkapi sertifikat-sertifikat yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha mereka,” ujar Sayid, Rabu (11/10/2023).

Menurut Sayid, jumlah pelaku IKM dan UMKM di Kukar tahun 2023 ini sekitar 80 ribu, dan pemerintah daerah memberikan fasilitas dan bantuan untuk mereka. Ia berharap ada kerjasama antara semua pihak untuk membantu para pelaku IKM dan UMKM meningkatkan perekonomian lokal dan kesejahteraan mereka.

“Kami berharap para pelaku IKM dan UMKM di Kukar tetap kreatif, berkembang, dan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan usaha mereka,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *