Tugu Equator Kukar Bakal Dibangun Rest Area dan Taman

Divisi.id -Tugu Equator yang ada di Desa Santan Ulu, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi salah satu lokasi wisata yang diperhatikan oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar. Tugu ini merupakan lambang garis khatulistiwa yang memiliki makna penting bagi dunia.

Untuk menambah daya tarik wisata tugu ini, Dispar Kukar berencana untuk membangun rest area dan taman di sekitar tugu. Rencana ini sedang dalam tahap penelitian oleh pihak Dispar Kukar.

“Tugu Equator ini sangat menarik untuk dijadikan kawasan wisata. Kita bisa membangun rest area dan taman di sana. Kita juga bisa mendukung ekonomi kreatif di sana,” ucap Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, saat dihubungi media pada Selasa (31/10/2023).

Slamet mengatakan, dalam mewujudkan rencana ini, pihaknya akan bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kecamatan Marangkayu. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa pengembangan dan perawatan kawasan ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan kepentingan masyarakat.

“Kita akan bekerja sama dengan Pokdarwis yang ada di sana. Mereka yang lebih memahami situasi dan keadaan di sana,” kata Slamet.

Slamet juga menyebutkan, sebelum membangun rest area dan taman, pihaknya masih harus menuntaskan masalah status lahan di kawasan tersebut. Hal ini penting untuk mencegah adanya konflik yang bisa menghambat rencana tersebut.

“Kami harus teliti dulu status lahannya, apakah bisa kita manfaatkan atau tidak. Kalau bisa, kita akan segera membangun rest area dan taman di sana,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *