Veridiana Huraq Wang Soroti Persoalan Serius di Kalimantan Timur

Divisi.id – Anggota DPRD Kaltim, Veridiana Huraq Wang, mengungkapkan sejumlah catatan penting terkait persoalan serius yang dihadapi oleh Kalimantan Timur (Kaltim) saat ini.

Poin-poin utama yang disorot melibatkan isu lingkungan, stunting, tingginya angka kemiskinan, dan ketidakmerataan pembangunan infrastruktur.

Veridiana mengatakan bahwa masalah lingkungan menjadi fokus utama, dengan eksploitasi alam yang terjadi secara besar-besaran di sektor pertambangan dan perkebunan, menyebabkan dampak serius terhadap lingkungan. Pencemaran air, udara, serta abrasi dan banjir menjadi masalah nyata yang dihadapi Kaltim.

Lebih lanjut, Veridiana menyampaikan keprihatinannya terhadap keselamatan manusia yang terancam oleh aktivitas pembukaan lahan pertambangan.

Lubang-lubang yang ditinggalkan di bekas tambang dapat membahayakan nyawa manusia, dan beberapa kasus kematian sudah terjadi akibat kejadian ini.

Persoalan kesejahteraan masyarakat juga tergambar dalam isu stunting dan tingginya angka kemiskinan di Kaltim. Veridiana mencatat bahwa indikasi ini menunjukkan bahwa program pemerintah belum terwujud secara merata dan terkoneksi dengan baik ke pemerintah kabupaten/kota.

Dalam konteks pembangunan infrastruktur, Veridiana menyoroti ketidakmerataan pembangunan di daerah-daerah pedalaman. Masih ada daerah yang belum tersentuh oleh penerangan listrik, jaringan internet, kebutuhan air bersih, serta sarana prasarana dan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang memadai.

Dari berbagai persoalan tersebut, Veridiana berharap agar Pemerintah Provinsi Kaltim dapat benar-benar merealisasikan anggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan tahun 2022 untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Kaltim.

“Yang kami minta adalah bagaimana APBD 2022 dan APBD Perubahan ini berguna untuk kesejahteraan rakyat Kaltim, dan kami menunggu kabar baiknya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *