Wakil Ketua DPRD Kaltim Mendukung Pemindahan Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK)

Divisi.id – Wakil Ketua DPRD Kaltim, Sigit Wibowo, menyatakan dukungannya terhadap usulan pemindahan gedung Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPK) Kaltim.

Menurutnya, letak gedung DPK Kaltim saat ini di Jalan Ir Juanda, Samarinda, tidak lagi representatif untuk dikunjungi masyarakat, terutama setelah pembangunan flyover yang menyebabkan akses jalan tergenang banjir saat musim hujan.

Sigit Wibowo mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi gedung perpustakaan yang tidak lagi menarik bagi masyarakat.

“Bangunan gedung perpustakaan ini sudah tidak representatif lagi setelah di situ dibangun flyover. Itu sudah tidak bagus lagi pemandangannya. Kalau dulu waktu terbuka banyak masyarakat yang datang, khususnya anak-anak sekolah untuk ke perpustakaan. Padahal ini terkait dengan bagaimana literasi kita,” ujarnya.

Meskipun Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim telah mengajukan usulan pemindahan ke Hotel Atlet Sempaja, Sigit Wibowo menyebut bahwa informasi yang diterimanya adalah bahwa usulan tersebut ditolak, karena Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim berencana memfungsikan kembali Hotel Atlet Sempaja sebagai hotel.

“Banjir yang menjadi masalahnya. Jadi ya bagusnya dicarikan lahan atau lahan lain milik Pemprov, atau bisa saja diubah settingannya,” ujarnya.

Sigit berharap agar Pemerintah Provinsi Kaltim dapat menyikapi masalah yang dihadapi oleh DPK Kaltim dan segera mengambil langkah yang tepat untuk menyelamatkan DPK.

Meskipun kebijakan tersebut menjadi wewenang Gubernur Kaltim, Wakil Ketua DPRD Kaltim menegaskan prinsip bahwa ruang publik seperti perpustakaan haruslah representatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *