Dinkes Kaltim Hadirkan Layanan Konseling di Faskes Tingkat Pertama

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah menyiapkan layanan konseling kesehatan yang tersedia di fasilitas kesehatan tingkat pertama, seperti puskesmas dan pos pelayanan terpadu (posyandu).

“Layanan konseling ini sangat penting untuk mencegah dan menangani masalah kesehatan mental, seperti depresi dan stres,” ucap Kepala Dinkes Kaltim, Jaya Mualimin.

Jaya mengungkapkan bahwa ruang konseling di faskes tingkat pertama dapat memberikan bantuan psikologis terutama dalam konteks pelayanan keluarga dan reproduksi.

“Kita juga akan bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DKP3A) untuk mengintegrasikan layanan konseling di Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Puspaga),” ungkapnya.

Layanan konseling diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan jika diperlukan penanganan lebih lanjut, pasien akan dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas dan tenaga ahli untuk menangani masalah kesehatan mental.

Jaya menyebut, walaupun belum ada data resmi mengenai angka bunuh diri, pihaknya berkomitmen untuk koordinasi dengan instansi terkait guna memberikan upaya pencegahan dan perlindungan.

“Kita akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan upaya pencegahan dan perlindungan terhadap masyarakat yang berpotensi melakukan bunuh diri,” tuturnya.

Lebih lanjut, jaya menambahkan bahwa salah satu caranya yakni melakukan pemasangan jaring kawat di jembatan-jembatan yang rawan serta peningkatan literasi masyarakat terkait bahaya bunuh diri dan cara mengatasi masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *