Dinkes Kaltim Upayakan Pemerataan SDM Kesehatan untuk Akses Pelayanan Berkualitas

Divisi.id – Dinas kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur (Kaltim) aktif mengupayakan peningkatan pemerataan Sumber Daya Manusia (SDM) Kesehatan di provinsi Kaltim untuk memastikan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang bermutu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Jaya Mualimin, mengutarakan bahwa langkah tersebut sejalan dengan Undang-undang No. 17 tahun 2023 Tentang Kesehatan, yang menegaskan hak warga negara untuk mencapai kehidupan sehat dan sejahtera.

“Salah satu permasalahan pelayanan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kaltim, adalah SDM Kesehatan belum merata untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL),” ujar Jaya.

Jaya mencatat adanya 25.723 SDM Kesehatan, yang distribusinya bergantung pada populasi dan fasilitas di setiap kabupaten atau kota, terdiri dari berbagai jenis profesi kemedisan, seperti dokter, perawat, bidan, apoteker, ahli gizi, dan tenaga kesehatan lainnya.

“Sebaran SDM Kesehatan di Kaltim juga tidak merata, tergantung dari jumlah penduduk dan fasilitas kesehatan di setiap kabupaten atau kota,” ungkapnya.

Jaya menekankan pentingnya pelayanan kesehatan yang merata, dan menyatakan bahwa langkah tersebut juga mendukung status Kaltim sebagai ibu kota negara.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa salah satu langkah yang diambil adalah mendorong program Nusantara Sehat dengan menugaskan tenaga kesehatan ke daerah-daerah terpencil dan perbatasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *