Dinkes Kukar Tinjau Akreditasi Fasilitas Kesehatan untuk Tingkatkan Kualitas Layanan

Divisi.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) tengah menjalani proses akreditasi untuk sejumlah rumah sakit, Puskesmas, dan klinik.

Diketahui bahwa dari 32 Puskesmas yang telah mengikuti proses akreditasi di Kukar, baru 10 di antaranya yang telah mendapatkan sertifikat.

“Dari 10 yang sudah keluar sertifikatnya tiga utama dan tujuh paripurna,” ucap Sekretaris Dinkes Kukar Nandar, Rabu (8/11/2023).

Nandar, mengungkapkan bahwa Dinkes Kukar juga sedang melibatkan dua rumah sakit, yakni RSUD AM Parikesit dan RSUD Aji Batara Agung Dewa Sakti (Abadi) Samboja, dalam proses akreditasi.

Nandar berharap bahwa seluruh 32 Puskesmas dan dua rumah sakit tersebut dapat meraih status terakreditasi menjelang akhir tahun 2023.

“InsyaAllah akhir tahun semua rumah sakit dan 32 Puskesmas terakreditasi,” ucapnya.

Pihaknya juga merencanakan melakukan akreditasi terhadap seluruh klinik di Kukar untuk memastikan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan. Salah satu klinik yang sudah menjalani proses akreditasi adalah Klinik Polres.

Nandar menekankan bahwa proses akreditasi tersebur tidak hanya menilai dokumen administratif, tetapi juga melibatkan evaluasi mutu pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa kesehatan.

“Jadi yang dikerjakan gitu ya betul-betul sesuai regulasi SOP kebijakan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *