Kota Balikpapan Gencar Lakukan Upaya Kesehatan di Peringatan HKN ke-59

Divisi.id – Pemerintah Kota Balikpapan, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Balikpapan, menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Gedung Kesenian Kota Balikpapan, Minggu (12/11/2023).

Acara tersebut dihadiri oleh Pj Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Akmal Malik, Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud, dan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kaltim.

“Hari ini kita silaturahim pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional,” ujar Kepala dr Andi Sri Juliarty, selaku Kepala Dinkes Kota Balikpapan.

Dalam rangka peringatan HKN ke-59, Kota Balikpapan menerima sumbangan 10 ribu dosis vaksin demam berdarah atau vaksin dengue tetravalen diberikan kepada anak-anak usia 6-14 tahun di Kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Tengah.

“Ini kesempatan pertama untuk Kalimantan Timur (Kaltim). Kami akan vaksinkan kepada anak-anak usia 6-14 tahun di Kecamatan Balikpapan Utara dan Balikpapan Tengah terlebih dahulu,” ungkapnya.

Kota Balikpapan juga melakukan upaya deteksi dini kanker serviks dengan pemeriksaan urine metode PCR HPV DNA, menargetkan 14.100 perempuan usia produktif.

Kemudian, dalam upaya pencegahan stunting, Kota Balikpapan memberikan bantuan makanan tambahan bagi ibu hamil, dan PT Pertamina menyumbangkan kelambu air kepada warga Kelurahan Muara Rapak sebagai bagian dari upaya kawasan tanpa rokok.

Sebagai informasi, sejumlah kegiatan sebelum puncak peringatan HKN ke-59 juga telah dilaksanakan oleh DKK Balikpapan, termasuk jambore kader dan UKS, lomba olahraga, seminar dan webinar untuk tenaga kesehatan dan masyarakat umum, serta lomba penyuluhan dan penulisan bagi wartawan tentang kawasan kesehatan tanpa rokok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *